Sabtu, 21 November 2009

Skripsi..Oh..Skripsi...

Bismillahirrahmaanirrahim..

Ya, setiap orang yang duduk di bangku perkuliahan pasti akan merasakan hal ini. Kalo bahasa temen-temen sekelas ana, "ngedate bareng skripsi"..(lucu-lucu memang temen sekelas ana itu..). Inilah sekarang yang mencuri perhatian ana n friends sejak 3 pekan yang lalu. Semua pada sibuk dengan proposal, judul skripsi, n tentunya dosen pembimbing masing-masing.

Sama halnya dengan ana, telinga ini mulai terbiasa dengan kata-kata metodologi penelitian, sampel, populasi, tinjauan pustaka, dan segala hal yang berbau skripsi. Ingin hati ini, menyelesaikan skripsi as soon as possible, dan ana pikir hal itu mudah dilaksanakan. Tapi pada kenyataannya, banyak sekali hambatan dan rintangan yang mesti dilewati. Padahal ana sudah mempersiapkan judul skripsi dari jauh-jauh hari, apa yang akan teliti, dan bahkan proposal penelitian ana sudah 50% selesai ana kerjakan.

Namun, Allah memang punya rencana yang lebih indah untuk ana. Ketika menghadap dosen pembimbing 1, judul ana disarankan untuk diganti. Yach, dengan berat hati ana ikuti saran dosen ana tersebut, mungkin ini yang lebih baik untuk ana.. (mencoba untuk selalu berhudznu dzhon, walau terkadang sulit dilakukan..). Tapi ana tetap yakin semua akan indah pada waktunya..dan proses ini sangat penting dilakukan sebaik-baiknya.

Karena ganti judul yang baru (bkn cuma judul, tapi topik yang baru) ana harus mulai lagi dari awal. Mulai dari cari bahan-bahan referensi yang valid sampai membuat proposal penelitian yang baru. Ini lah yang namanya perjuangan, bukankah hidup adalah perjuangan?? (kayak lirik lagu dewa y..hehe..). Lanjut, perjuangan tidak sampai disitu saja, ana juga harus lebih bersabar dalam beberapa hal (out of record, gk bisa ditulis disini..)

Intinya, harus tetap semangat..ana harus bisa menyelesaikan ini..cita-cita sudah di depan mata, dan harus terus berusaha agar bisa membuat orang-orang tersayang bangga punya anak seperti ana. Diri pribadi adalah motivator terbaik yang pernah ada, dan tentunya orang-orang terdekat lainnya.

^^

Tidak ada komentar: