Selasa, 12 Februari 2013

Bolu Kukus Putih

inilah penampakan si "Bolu Kukus Putih"
Bismillahirrahmaanirrahiim

Kali ini mau berbagi resep yang baru diterima dari seorang perawat di puskesmas tempat saya bertugas. Kebetulan juga, dulu resep ini pernah saya coba dengan ibu saya, tapi belum berhasil, dan saya pun sudah tidak ingat lagi apa bahan-bahannya, secara waktu itu saya masih SMP atau SMA. Untungnya,masih ingat kalau dulu pernah buat kue ini..hehe..*parah..parah..

Lanjuuuuttt...ini dia ni bahan-bahannya..eh, tapi sebelumnya saya kasih tau kalau takaran untuk bahan-bahan yang digunakan tidak menggunakan satuan gram tapi satuannya gelas ukuran lebih kurang 250 cc..:p
  • 2 gelas  tepung terigu
  • 1 gelas  gula pasir
  • setengah gelas susu kental manis, dilarutkan dengan setengah gelas air biasa
  • 2 butir telur
  • 1 cup ovalet (pengembang kue berwarna kuning)*sebenarnya byk jenisnya, ada SP sama TBM, saya masih belum mengerti apa beda dari ketiga pengembang kue itu, cari sendiri aja y..ada koq di google..^_^
  • vanili secukupnya
Oke, kita lanjut ke cara membuat ya..
  1. Kocok gula dan telur sampai mengembang. *saran saya nich ya, kalau punya mixer, pake mixer aja..selain akan mengembang lebih cepat, tangan kita gk akan cepat capek..Beneran dech, saya baru tadi pertama kali pake pengocok kue manual yang dari besi itu, secara di rumah dinas tidak disediakan mixer, baru 5 menit, sudah pegel..mangkanya hasil kue kurang mengembang maksimal.
  2. Setelah mengembang, masukkan tepung sedikit demi sedikit, lalu ovalet dan vanili.
  3. Yakin semua tercampur rata, masukkan susu yang sudah diencerkan tadi, aduk rata.
  4. Lanjut masukkan adonan ke cetakan khusus bolu kukus yang telah dilapisi kertas roti..masukkan sampai agak sedikit penuh, supaya merekah besar.. *btw, tau kan ya bentuk cetakan bolu kukus, yang dipinggirnya ada bolong-bolong it lho..bisa pake yang dari aluminium seperti digambar atau ada juga yang dari plastik.
    sumber gambar:http://www.bahankue.info/loyang-bolu-kukus-tinggi-pendek
  5. Kukus di panci kukusan yang airnya terlebih dahulu sudah dididihkan.
  6. Tunggu sampai bolu kukus matang, mungkin sekitar 5-7 menit, gak lama koq. Sampai bagian atasnya sudah merekah, atau kalau masih kurang yakin, dtusuk aja pake lidi sedikit. Kalau tidak lengket di lidi, artinya sudah matang.
  7. Angkat dan hidangkan selagi hangat..hmm,lezatosss..^_^
  8. Oiya, bolu kukus yang saya buat tidak seperti bolu kukus biasa yang memakai warna, karena itu dkasih nama bolu kukus putih. Kalau mau pake warna juga oke, jadi lebih eye catching..Caranya sisihkan sedikit adonan, beri pewarna makanan, aduk sampai rata, bubuhkan di atas adonan putih yang sudah dimasukkan ke dalam cup terlebih dahulu.

*Beberapa kesalahan yang saya lakukan sehingga tampak beberapa kue tidak mengembang dan tampak tak beraturan. Semoga yang mau mencoba tidak mengulangi kesalahan saya..*ceritanya ni edisi muhasabah masak..hehe..
1. Mengocok telur tidak terlalu mengembang, jadi kue pun jadi terkesan bantet.
2. Adonan tidak sampai penuh dimasukkan, jadi kue pun kecil-kecil..*tidak seperti yang dijual-jual..-_-
3. Kalau dari comment temen-temen yang coba, kebanyakan telur, jadi rasa amis telur cukup terasa..

Baiklah, ini cuma awal..bukankah Allah melihat proses bukan hasil??*ehh..hehe..Semangat cari resep dan mencoba masakan-masakan yang mudah pastinya...^_^v

1 komentar:

Mamix Tri mengatakan...

H.B.D

lanjud terus artikelnya......