Sabtu, 02 Februari 2013

Andai Aku T'lah Dewasa


Bismillahirrahmaanirrahiim..

Umur  tidaklah menentukan tingkat kedewasaan seseorang. Tidak berarti semakin banyak umur seseorang, semakin tinggi pula tingkat kedewasaan seseorang. Siapa yang berani bilang kalau orang yang sudah berumur 20 tahunan ke atas lebih dewasa pemikirannya dari anak remaja yang masih usia belasan tahun.

Salah satu contoh nyata yakni diri saya sendiri.

Terkadang masih saja, saya, yang sebentar lagi genap berumur seperempat abad ini (oh no, how old I am..!!!) masih sering berpikir n bertindak  kekanak-kanakan. Seringnya tindakan yang dilakukan tanpa pemikiran yang matang terlebih dulu. Setelah terjadi, baru sadar betapa kekanak-kanakannya tindakan atau ucapan yang sudah terjadi.

Tak dapat dipungkuri, semakin bertambah usia, semakin banyak pula-lah kejadian yang seharusnya dapat diambil hikmah/ pelajaran (ibroh) dari hal-hal yang sudah dilewati, baik yang dialami sendiri atau pun yang dialami orang lain.

Semakin mengerti untuk tidak terlalu bodoh melakukan  atau mengucapkan suatu hal tanpa dipikir dulu.

Semakin sadar untuk tidak mudah tersinggung atau sensitif atas suatu tindakan atau ucapan sepele dari orang lain, yang sebenarnya merupakan hal sederhana yang tak perlu dibesar-besarkan.

Semakin mengerti untuk tidak sekadar ikut-ikutan akan suatu hal yang belum  diketahui dengan benar.

Semakin pandai untuk tak melihat suatu hal dari satu sudut pandang saja, namun juga perlu melihat dari berbagai sisi lain.

Semoga saja setiap kejadian yang telah dilewati dapat mendewasakan diri yang masih childish ini..aaamiin..

Tidak ada komentar: