Sabtu, 12 Februari 2011

Ketika Allah Belum Menjawab

Bismillahirrahmaanirrahim..

Saat Allah belum mengabulkan doa kita, apa yang muncul pertama kali di benak kita???

Allah jahat
Allah tidak adil
Allah sudah tidak sayang lagi dengan kita
Dan segala pikiran negatif yang kekanak-kanakan untuk usia di atas 20 tahun..(astghfirullahal 'adzim..)

Sungguh, tidak begitu adanya.
Jika Allah memang jahat, tidak adil atau tidak sayang lagi, pasti Allah akan memberi cobaan (dlm bentuk apapun) yang lebih berat dari yang sedang kita alami sekarang. Padahal kita belum bisa dikatakan beriman sampai kita diuji oleh Allah. Dan jangan lupa, Allah tidak akan memberikan ujian yang kita tidak sanggup menerimanya.

Mungkin selama ini kita selalu berpikir doa yang sudah kita panjatkan setiap sujudnya sudah maksimal, namun masih juga Allah tidak mengabulkan. Tentulah Allah punya rencana lain.

"Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa." (HR. Ath-Thabrani)

Tinggal doa kita termasuk ke dalam bagian yang mana. Hanya Allah yang tahu terbaik untuk kita. Karena doa adalah senjatanya orang mukmin. Tak ada tempat yang pantas untuk kita meminta selain hanya kepada Allah.

Lalu terkadang kita membandingkan dengan orang lain yang tidak perlu berdoa, ia sudah mendapat apa yang dia inginkan. Padahal mungkin Allah suka mendengar doa-doa kita, karena itu lah Allah belum mengabulkan doa kita. Berbeda denga orang-orang kafir yang langsung Allah kabulkan doanya. Itu karena Allah tidak suka dengan mereka.

Dan meyakini bahwa Allah memberikan sesuatu sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak semudah mengucapkannya. Tapi berusaha untuk terus ber-hudznuzhon kepada Allah merupakan suatu kewajiban.


Dan Tuhanmu berfirman, “ Berdoalah kepada-Ku, niscya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (Qs. Al-Mu’min : 60).

wallahu 'alam


*Ditulis sebagai penyemangat diri agar terus berhudznuzhon terhadap doa-doa yang telah, belum, akan, atau mungkin diganti terkabulkan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bukan Allah tak mengabulkan doa kita, melainkan Dia tahu yang terbaik untuk kita..

maka tetaplah yakin dengan sebuah doa..

salam kenal, salam follow mba' :D

Tia Sabrina mengatakan...

yup, sepakat..

salam kenal jg..^_^