Minggu, 28 Juni 2009

Khitanan lagi...

Bismillahirrahmaanirrahim...

Ikut acara khitanan massal mmg menyenangkan..Apalagi, khitanan kali ini lebih banyak tantangannya dibandingkan dengan khitanan massal yang terakhir diikuti.. Jika khitanan massal sebelumnya, semua berjalan lancar. Mulai dari adik-adik yang ikut gk ada yang rewel sampai semua hal yang sudah dipersiapkan secara matang.. Khitanan kali ini lebih banyak cobaannya..

Walau begitu, di sinilah pelajaran yang bisa diambil. Tidak setiap hal dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Justru dari banyak hambatan itu lah ana bisa lebih belajar dan mengerti..Contohnya saja dikhitanan kali ini, kekurangan tenaga medis. Biasanya kalo ikut khitanan, setidaknya ada 3 orang yang bekerja untuk satu pasien, terdiri dari 1 orang operator, 1 orang assisten 1 (bagian steril), dan 1 orang assisten 2 (bagian tidak steril). Tp kali ini, satu dokter 1 pasien..Subhanallah, salut sama mb2 'n kakak2 itu..

Trs lg biasanya, ana dpt anak yg gk terlalu rewel (paling cuma nangis biasa). Tapi kali ini, ada satu anak yang benar2 mengamuk tidak mau dikhitan. Setelah dipegang oleh 3 orang, akhirnya ia menyerah juga. Ternyata tidak sampai di situ saja perjuangan menaklukan anak ini. Saat kulit dan mukosa hendak dijahit, coba tebak apa yang dilakukannya.!!! Dia pipis...MasyaAllah, untung saja ana sedang tidak terlalu dekat dengannya..kalo tidak, bisa banjir air pipis baju ana..

Pelajaran lain yang bisa ana dapatkan, yakni ana melihat secara langsung ada anak yang menderita hernia..Selama ini ana cm tau dari penjelasan dosen atau dari buku (maklum br mau co-ass, jd msh agak ndeso..^^)..Walaupun ana belum tau jenis hernia apa itu..

Ana bersyukur mendapatkan situasi yang berbeda dari setiap acara khitan yang ana ikuti. Karena ini akan menambah pengalaman ana. Mungkin kita bisa membaca teori dari atau bertanya dengan yang lebih faham. Tetapi kalo pengalaman, siapa yang bisa memberinya kalau kita sendiri yang tidak mengalaminya..^^

wallahu 'alam bishowab..

Tidak ada komentar: